Surbakti, Arwin and Marpaung, Rini Rita Perbedaan Outdoor Study Dan Indoor Study Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. ISSN 2621-5594
|
Text
17028-38307-1-PB(1).pdf Download (570kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran Outdoor Study dan Indoor Study terhadap hasil belajar peserta didik serta mengetahui pembelajaran manakah antara Outdoor Study dan Indoor Study yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIA dan VIIB yang berjumlah 64 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar diperoleh menggunakan nilai pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test pada taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapaat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran Outdoor Study dan Indoor Study. Pembelajaran Outdoor Study lebih mampu meningkaatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan Indoor Study.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Biologi |
Depositing User: | ARWIN SURB |
Date Deposited: | 08 May 2019 07:31 |
Last Modified: | 08 May 2019 07:31 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11913 |
Actions (login required)
View Item |