Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
15967-35800-1-PB.pdf Download (675kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design serta tipe faktorial 2x2.Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan adalah LKPD berbasis model pembelajaran ADI, soal pretes-postes. Analisis data menggunakan uji ankova dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain kemampuan argumentasi siswa model pembelajaran ADI lebih tinggi dari pembelajaran konvensional baik kemampuan akademik tinggi maupun rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa; model pembelajaran ADI tidak dipengaruhi kemampuan akademik; dan peningkatan keterampilan argumentasi siswa kemampuan akademik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NINA KADAR |
Date Deposited: | 08 May 2019 07:26 |
Last Modified: | 08 May 2019 07:26 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11790 |
Actions (login required)
View Item |