Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
15974-35802-1-PB.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kemampuan akademik pada materi zat aditif dan adiktif. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan Pretest-Posttest NonequivalentControl Group Design.Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, diperoleh kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah LKPD dengan model ADI, soal pretes dan postes. Teknik analisis data menggunakan uji Ankova dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai n-gain keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran ADI lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model ADI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kemampuan akademik pada materi zat aditif dan adiktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NINA KADAR |
Date Deposited: | 08 May 2019 07:24 |
Last Modified: | 08 May 2019 07:24 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11788 |
Actions (login required)
View Item |