Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
15971-35801-1-PB.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS)pada materi zat aditif dan adiktif ditinjau dari kemampuan akademik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah LKS berbasis model pembelajaran ADI, soal pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ankova dan uji-t.Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu rata-ratan-gain KPS siswa menggunakan model ADI lebih tinggi dibanding rata-ratan-gain KPS siswa pada pembelajaran konvensional baik kemampuan akademik tinggi maupun kemampuan akademik rendah, rata-ratan-gain KPS siswa kemampuan akademik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan rata-ratan-gain KPS siswa kemampuan akademik rendah pada pembelajaran menggunakan model ADI. Dapat disimpulkan bahwa model ADI efektif dalam meningkatkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: NINA KADAR
Date Deposited: 08 May 2019 07:24
Last Modified: 08 May 2019 07:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11781

Actions (login required)

View Item View Item