Rosilawati, Ila and Kadaritna, Nina 1Efektivitas Problem SolvingMateri Asam-Basa dalam Meningkatkan HOTSDitinjau dariJenis Kelamin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
15940-35737-1-PB.pdf Download (725kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaranproblem solvingpada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan berpikirtingkat tinggi ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimendengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA salah satu SMAdiBandarlampung tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih berdasarkan teknik Purposive samplingyaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3sebanyak 31 dan 32 siswa.Analisis data dilakukan dengan analisis varians dua jalur (two way ANOVA) menggunakan program SPSS 24.00for windows. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajarandengan jenis kelamin terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa. Model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam dan basa. Persentase n-gain kategori tinggi keterampilan berpikir tingkat tinggisiswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan persentase n-gain kategori tinggi siswa perempuan dengan pembelajaran yang menggunakan modelproblem solvingpada materi asam basa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ILA ROSILA |
Date Deposited: | 02 May 2019 03:05 |
Last Modified: | 02 May 2019 03:05 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11398 |
Actions (login required)
View Item |