Emmawaty Sofia, ES and Tasviri Efkar, TE 38Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Termokimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
17398-39242-1-PB.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi temokimia.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postestcontrolgrup design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA diBandar Lampung. Penentuansampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelasXI IPA 6 sebagaikelaskontrol.Hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan aktivitasbelajar siswa dengan besar persentase79,97% dan penguasaan konsepsiswa di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain dan uji pengaruh yang diperoleh berkategori “besar” yaitu 0,76 pada kelas eksperimen.Disimpulkan bahwa metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswapada materi termokimia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:17
Last Modified: 29 Apr 2019 08:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item