Herpratiwi, Herpratiwi PERKEMBANGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDAR LAMPUNG. http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/65/52, 2 (2). pp. 36-39. ISSN 2621-0363

[img] Text
52

Download (3kB)
Official URL: http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/artic...

Abstract

Pendekatan konstrutivis sudah dilakukan oleh banyak pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkaitan untuk membangun pengetahuan tingkat tinggi yaitu meta kognitif. Untuk itu perlu dilakukan kajian yang bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan metakognitif peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian survai, untukmengungkap fakta tentang perkembangan metakognitif peserta didik SD kelas V di Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini peserta didik yang memiliki ragking 1, 2 dan 3, dimana jumlah SDN 186 sekolah. Sampel diambil melalui stratified random sampling, yaitu SD yang terakreditas A dengan jumlah 40 SD. Besarnya ukuran sampel dengan sampel secara acak/ random proporsional (proporsional sampling). Data dikumpulkan dengan Metacognitive Awareness Inventory(MAI). Pengimplementasian MAI dilakukan pada saat peserta didik berada di semester 1.Perkembangan metakognitif didasarkan pada kriteria Schraw & Dennison,yaitu buruk (≤50), kurang (51-69), cukup (70-79), dan baik (80≤). Kesimpulan penelitian adalah: (a) perkembangan kemampuan metakognitif peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung masih masuk dalam kategori kurang, (b) skor tertinggi perkembangan kemampuan metakognitif peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada aspek pengetahuan metakognitif adalah conditional knowledge, dan yang terendah procedural knowledge. Dan(c) skor tertinggi perkembangan kemampuan metakognitif peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada aspek regulasi metakognitif adalah planning, dan yang terendah information management. Kata Kunci: Metakognitif, Pesertadidik, Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: HERPRATIWI
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:18
Last Modified: 29 Jan 2019 04:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item