Hasnunidah, Neni (2013) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY DAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, 5 (1). pp. 1-29. ISSN 2540-9271

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_BIOLOGI_DENGAN_STRATEGI_ARG.pdf

Download (377kB) | Preview
Official URL: http://journal.um.ac.id/index.php/jpb/article/view...

Abstract

Keterampilan argumentasi sebagai bentuk komunikasi untuk mengeksternalisasikan pemikiran melalui serangkaian wacana ilmiah merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi melalui strategi Argument-Driven Inquiry (ADI) diperlukan untuk mengembangkan keterampilan argumentasi. Melalui strategi ini, biologi diajarkan dengan pendekatan yang mirip seperti yang dialami oleh para peneliti atau ilmuwan ketika membangun pengetahuan melalui kajian fenomena alam, kemudian melakukan interpretasi terhadap hasil penelitian dan selanjutnya mengkomunikasikan hasilnya untuk dikritik, diperdebatkan dan direvisi. Keberhasilan pengembangan keterampilan argumentasi peserta didik bergantung kepada kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran dengan strategi yang sempurna dan kegiatan kelas yang dapat membantu peserta didik untuk terlibat dalam argumentasi ilmiah dengan cara yang lebih produktif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:58
Last Modified: 02 Jan 2019 07:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item View Item