Fadiawati, Noor (2011) Perkembangan Konsepsi Mahasiswa Semester Pertama Sampai Semester Tujuh Tentang Struktur Atom (suatu studi deskriptif cross-sectional). Jurnal Pendidikan MIPA, 12 (2). pp. 149-157. ISSN 1411-2531

[img] Text
scan jurnal pmipa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan konsepsi dari mahasiswa pendidikan kimia semester satu hingga mahasiswa semester tujuh tentang struktur atom. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan berdasarkan pada tes respon terbatas. Sebanyak 23 butir soal instrumen pilihan ganda dua tahap tentang struktur atom, telah diujikan untuk mengungkap konsepsi mahasiswa semester satu dan tujuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa semester satu dan tujuh tentang struktur atom cenderung berada dalam bentuk elemen-elemen yang tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya indikasi terjadinya perubahan konseptual dari mahasiswa pendidikan kimia semester satu sampai mahasiswa pendidikan kimia semester tujuh, akan tetapi sangat kecil. Hal ini teridentifikasi dari meningkatnya rata-rata persentase konsepsi terhubung (KH) dari 17,40 % mahasiswa pada semester satu menjadi 18,31 % mahasiswa pada semester tujuh, dan berkurangnya konsepsi terpisah (KP) dari 426 jenis konsepsi pada mahasiswa pendidikan kimia semester satu menjadi 347 jenis konsepsi pada mahasiswa pendidikan kimia semester tujuh.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr., M.Si. Noor Fadiawati
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:02
Last Modified: 26 Oct 2018 10:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/8856

Actions (login required)

View Item View Item