Shinta, Ayu Lintri and Yanzi, Hermi and Mentari, Ana (2024) Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Kepekaan Sosial Peserta Didik. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1 (1). pp. 1-12. ISSN 3032-1875

[img] Text
2024-Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Kepekaan Sosial Peserta Didik.pdf

Download (278kB)
Official URL: https://rayyanjurnal.com/index.php/HEMAT/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kepekaan sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tebing Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan angket peserta didik peer-asssesment dengan jumlah sampel 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik observasi dan angket peserta didik yang berupa penilaian antar teman. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independen Sample t-Test bantuan SPSS versi 25. Pada hasil observasi kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 87,21% dan termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil observasi pada kelas kontrol diperoleh persentase sebesar 69,5% dan termasuk dalam kriteria baik. Kemudian pada angket peserta didik peer-assessment kelas eksperimen mendapatkan nilai 88,3% berkategori sangat baik dan di kelas kontrol mendapatkan nilai 78% termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: M.pd Ana Mentari
Date Deposited: 20 Mar 2025 01:28
Last Modified: 20 Mar 2025 01:28
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54458

Actions (login required)

View Item View Item