Hidayatullah, Riyan (2024) Teori-teori Pembelajaran. BRIN, Jakarta. ISBN 978-602-6303-28-8

[img] Text
Hidayatullah - 2024 - Teori-Teori Pembelajaran Musik.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://penerbit.brin.go.id/press/catalog/book/810

Abstract

Buku ini menawarkan berbagai keunggulan, salah satu yang paling utama adalah penjelasan teoretis tentang berbagai praktik pembelajaran musik dari waktu ke waktu. Teori-teori pembelajaran musik dibutuhkan oleh berbagai target pembaca dari kalangan musik, di antaranya pengajar musik atau guru, instruktur musik, peneliti musik, jurnalis musik, dosen, guru seni budaya, hingga tim khusus pengembang kurikulum musik di suatu lembaga. Penguasaan terhadap teori-teori musik itu tentu akan memengaruhi pengetahuan dan cara para edukator musik bertindak. Seorang guru musik yang memahami tentang konsep teori pembelajaran musik dan perkembangan pedagogi kontemporer pengajaran musik, tentu akan terus menerapkan konsep pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa-siswanya. Selain itu, penerapan pembelajaran yang menarik itu juga mengedepankan pada efektivitas dan hasil belajar yang akan dicapai. Buku teks ini bukan “obat dewa” atau “obat generik” yang bisa menjawab sebagai persoalan tentang pembelajaran dan pendidikan musik. Akan tetapi, melalui buku ini para pengajar musik akan mengetahui bagaimana seharusnya mereka bertindak di dalam kelas; atau mengerjakan pengembangan kurikulum musik. Buku ini sedikit menjelaskan tentang perkembangan teoriteori umum hingga masuk ke pengembangan teori pembelajaran musik secara khusus. Buku ini merupakan buku referensi untuk pengembangan keilmuan, bukan buku teori dasar praktis yang digunakan musisi untuk memahami dan mengomunikasikan bahasa musik. Buku teori dasar musik umumnya mengkaji dasar-dasar musik, menyediakan sistem untuk menafsirkan komposisi musik, definisi unsur-unsur musik yang membentuk harmoni, melodi, dan ritmis. Sementara itu, buku ini tidak menyediakan informasi dasar semacam itu. Buku ini berfokus pada pengembangan pengetahuan dan pembentukan wacana pendidikan musik ke dalam konteks kebudayaan dan perkembangan ilmu pendidikan musik. Bidang pendidikan musik berisi sejumlah teori pembelajaran yang menentukan bagaimana siswa belajar musik berdasarkan psikologi perilaku dan kognitif.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: Riyan Hidayatullah
Date Deposited: 25 Nov 2024 09:19
Last Modified: 25 Nov 2024 09:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54308

Actions (login required)

View Item View Item