yulistia, annisa Analisis Pembelajaran Sains melalui Flipped-Problem Based Learning Berbantuan Zoom Meeting dan E-Campus Pelita Bangsa. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6 (a). ISSN 2581-1835
Text
JURNAL DWIJA CENDIKIA - 2022.pdf Download (419kB) |
|
Text
63000 Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sains melalui Flipped-Problem Based Learning (FPBL) berbantuan Zoom Meeting dan e-campus pelita bangsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 86 mahasiswa PGSD Universitas Pelita Bangsa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains melalui FPBL berbantuan Zoom Meeting dan e-campus yang dilakukan melalui sintaks orientasi masalah, mengorganisasikan pembelajaran, investigasi, pengembangan dan presentasi, serta analisis dan evaluasi dapat membantu mahasiswa mengakomodasi keempat dimensi sains yaitu sikap, proses, produk, dan aplikasi. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan sesuai dengan gaya belajar mahasiswa, serta membantu membantu mengurangi penggunaan kuota dengan mengkombinasikan pembelajaran secara sinkron dan asinkron. Adapun kendala pembelajaran yang dihadapi yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dan apabila mahasiswa tidak menguasai pengetahuan dasar yang harus dipelajari secara asinkron dapat menghambat pembelajaran tatap muka secara sinkron.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Depositing User: | M.Pd. Annisa Yulistia |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:15 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 04:15 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53918 |
Actions (login required)
View Item |