Safitri, Rizki Mei and Sutiarso, Sugeng (2023) Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran: Studi di SMA Negeri 1 Sumberejo. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (2). pp. 94-103. ISSN 2088-2157

[img]
Preview
Text
Artikel S3_Sugeng Sutiarso dkk (anggota_R).pdf

Download (863kB) | Preview
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri siswa dengan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sumberejo. Partisipan penelitian terdiri dari 108 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sumberejo, Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2021/2022 yang terbagi dalam tiga kelas. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan metode studi korelasional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kuesioner kepercayaan diri. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif yang dikumpulkan melalui pengisian angket kepercayaan diri siswa dan tes deskriptif kemampuan berpikir kritis pada topik program linear sebagai data primer. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson product moment, dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, dengan koefisien korelasi sebesar 0,932 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan berpikir kritisnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SUGENG SUTIARSO
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:16
Last Modified: 06 Nov 2023 03:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52755

Actions (login required)

View Item View Item