Ardiansyah, Sigit and Ertikanto, Chandra and Rosidin, Undang (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 265-278. ISSN 2337-5973

[img]
Preview
Text
Sigit UM Mtr 1489-6356-1-PB.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cek similaritas turnitin)
Sigit UM Mtr 1489-6356-1-PB.pdf.pdf

Download (478kB) | Preview
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Bandar Surabaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas Dan Independent Sample T-test. Berdasarkan uji N-gain, nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,77 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,65, sehingga dapat dinyatakan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,007, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple represe ntations terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48219

Actions (login required)

View Item View Item