Mahendra, Yuda Seta and Ertikanto, Chandra (2016) Desain lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Metode Discovery Learning Berbasis Pendekatan Metakognitif. Proseding Seminar Nasional IPA VII. pp. 314-320. ISSN 978-602-70197-2-0

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas IPA VII jilid 1 YUDA SETA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cek similaritas turnitin)
Prosiding Semnas IPA VII jilid 1 YUDA SETA.pdf.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/0B3RNMhiky2k4NHJnd...

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran mengutamakan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satu peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah metakognitif, hal ini dinyatakan dalam Permendikbud Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan dimana peserta didik dalam hal pengetahuannya dapat diperoleh melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Tujuan (1) Mendeskripsikan penggunaan LKS yang dengan metode discovery learning disekolah; (2) Mendeskripsikan tentang pendekatan metakognitif di sekolah; (3) Mendesain LKS yang akan dikembangkan. (1) LKS yang digunakan belum menggunakan metode discovery learning Proses kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, masih berfokus pada guru. Pembelajaran belum memaksimalkan metode yang berpusat pada siswa, salah satunya belum memaksimalkan metode discovery learning; (2) Pada kegiatan pembelajaran juga belum menggunakan pendekatan metakognitif siswa, hal ini dikarenakan belum begitu memahami metakognitif yang harus dimiliki oleh siswa; (3) Berdasarkan beberapa hal tersebut, dibutuhkan suatu LKS yang menerapkan metode discovery learning dengan pendekatan metakognitif siswa. Desain LKS yang akan dirancang selain menuntun siswa melaksanakan pembelajaran dengan metode discovery, juga menggunakan pendekatan metakognitif siswa, dengan sistematika pada bagian kegiatan pembelajarannya yaitu: (1) Tahap penyajian sebuah simulasi; (2) Tahap identifikasi masalah;(3) Tahap melakukan percobaan; (4)Tahap mengolah data hasil percobaan;(5) Tahap penarikan kesimpulan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48215

Actions (login required)

View Item View Item