Payudi, Payudi and Ertikanto, Chandra and Fadiawati, Noor and Suyatna, Agus (2017) DESKRIPSI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN FISIKA SUB POKOK BAHASAN EFEK FOTOLISTRIK. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2 (1). pp. 273-282. ISSN 2549-4635 E-ISSN: 2549-4627

[img]
Preview
Text
Fis 2015 PAYUDI & CHANDRA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cek similaritas turnitin)
Fis 2015 PAYUDI & CHANDRA.pdf.pdf

Download (455kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/1672...

Abstract

Efek Fotolistrik merupakan sub pokok bahasan dari materi pokok Radiasi Benda Hitam. Walaupun rata-rata hasil belajar siswa sudah mencapai KKM, tetapi belum sepenuhnya optimal. Dengan latar belakang kemampuan siswa dan fasilitas yang tersedia, seharusnya hasil belajar siswa masih dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bahan ajar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran fisika sub pokok bahasan Efek Fotolistrik; (2) Menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Obyek penelitian terdiri dari 3 orang guru fisika dan siswa kelas XII IPA-3 yang terdiri dari 30 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap yaitu mengkode hasil angket, tabulasi data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Bahan ajar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran fisika sub pokok bahasan Efek Fotolistrik adalah LKS dengan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan multimedia interaktif; (2) Pada pelaksanaan proses pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, belum semua materi pelajaran dilakukan kegiatan praktikum dengan alasan keterbatasan sarana, sehingga perlu dikembangkan LKS sub pokok bahasan Efek Fotolistrik dengan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan multimedia interaktif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48209

Actions (login required)

View Item View Item