Ertikanto, Chandra and Wahyudi, Ismu and Viyanti, Viyanti (2014) POTRET KEMAMPUAN GURU MENGAJAR SAINS SECARA INKUIRI DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDAR LAMPUNG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains IV 2014. pp. 231-238. ISSN 2407-4659

[img]
Preview
Text
CHANDRA SNPS IV 2014.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cek similaritas turnitin)
CHANDRA SNPS IV 2014.pdf.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/artic...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memotret kemampuan mengajar sains secara inkuiri guru sekolah dasar (SD) Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan pada SD yang berlokasi di kota, semi- kota dan pinggiran-kota Bandar Lampung, pengamatan dilakukan dua kali di masing-masing sekolah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik quota sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak untuk memenuhi jumlah yang diharapkan. Duapuluh orang guru terpilih mewakili populasi guru SD di Bandar Lampung. Pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui langkah-langkah: transkripsi, tabulasi, koding dan deskripsi sesuai fokus penelitian, yang kemudian dibuat kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah: sebagian besar guru mengajar sains tidak secara inkuiri, bila guru mengajar sains secara inkuiri dilakukan secara spontan dan tidak tepat, sehingga beresiko menimbulkan kesalahan dalam menyampaikan konsep, pembelajaran sains SD secara inkuiri sangat diperlukan, karena sangat membantu dalam pembelajaran konsep sains, terutama dalam menyampaikan konsep yang abstrak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:35
Last Modified: 31 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48208

Actions (login required)

View Item View Item