Fhadhila, Fharia and Ertikanto, Chandra (2015) DESAIN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS). Prosiding Seminar Nasional MIPA 2015. pp. 1230-1238. ISSN 978-979-3262-11-6

[img]
Preview
Text
artikel fharia semnas pmipa fkip unila.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cek similaritas turnitin)
artikel fharia semnas pmipa fkip unila.pdf.pdf

Download (489kB) | Preview
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/22398/1/prosidi...

Abstract

Pembelajaran fisika tidak hanya menekankan pada hafalan konsep dan matematis tetapi juga juga pada kegiatan yang dapat menguji atau menemukan sebuah konsep melalui proses sains. Kenyataanya yang terjadi dilapangan adalah pengajaran fisika disekolah lebih menekankan pada aspek produk seperti hukum, teori, rumus, dll. Para siswa dituntut menghafal rumus fisika yang demikian banyak untuk dapat menyelesaikan soal – soal yang di berikan ketika proses belajar mengajar dilaksanakan. Guru lebih banyak menerangkan dan menjelaskan sedangkan siswa mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan keterampilan proses sains (KPS). Metode yang digunakan adalah metode penelitian Research and Developmen (R&D). Uji coba, penelitian ,menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Proses pengembangan LKS ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yaitu model 4-D. Model pengembangan 4-D ini meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap pendiseminasian (disseminate).

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:35
Last Modified: 31 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48205

Actions (login required)

View Item View Item