Purnawati, Dian and Ertikanto, Chandra (2015) DESAIN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL INKUIRI BERBASIS KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2015. pp. 1189-1202. ISSN 978-979-3262-11-6

[img]
Preview
Text
Artikel Dian semnas pmipa fkip unila.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cek similaritas turnitin)
Artikel Dian semnas pmipa fkip unila.pdf.pdf

Download (491kB) | Preview
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/22398/1/prosidi...

Abstract

Pembelajaran fisika adalah salah satunya yang mengajarkan dengan pendekatan saintifik di dalam kurikulum 2013, pendekatan itu menggunakan 5M yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan tahapan tersebut terdapat pada salah satu model diantaranya model inkuiri. Model Inkuiri merupakan cara siswa dalam berfikir aktif, dan mendorong siswa memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi. Pembelajaran dengan model inkuiri diperlukan modul yaitu cara pengorganisasian materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan mendesain modul pembelajaran fisika dengan model inkuiri berbasis keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan model Borg & Gall yang dipadukan dengan metode pengembangan 4D, yaitu define, desain, delevop, disseminate. Penelitian ini peneliti membatasi pada tahapan desain. Berdasarkan hasil penelusuran dari angket yang disebar kepada siswa dan guru fisika di SMA Negeri 3 Kotabumi ditemukan bahwa: (1) model inkuiri belum sempurna diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran fisika, (2) belum adanya modul pembelajaran model inkuiri berbasis kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa; (3) guru dan siswa membutuhkan modul pembelajaran dalam proses belajar. (4) desain modul pembelajaran ini terdiri dari: judul, petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran (menaya, merancang atau mencoba, mengumpulkan data, diskusi dan mengkomunikasikan), uraian materi, uji kompetensi, kunci jawaban, glosarium.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:35
Last Modified: 31 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48204

Actions (login required)

View Item View Item