Shavira, Tiara and Ertikanto, Chandra and Suyatna, Agus (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI GRAVITASI NEWTON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 143-155. ISSN 2337-5973

[img]
Preview
Text
18-7267.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cek similaritas turnitin)
18-7267.pdf.pdf

Download (622kB) | Preview
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang gravitasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung. Penelitian ini dilakukan menggunakan quasi eksperimental dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, dan Analysis Of Covariance. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,60. Penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton gravitasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:34
Last Modified: 27 Jan 2023 03:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48083

Actions (login required)

View Item View Item