Fadiawati, Noor and Lengkana, Dewi and Diawati, Chansyanah and Jalmo, Tri (2021) Pelatihan Penuyusunan LKS Berbasis Model Project Based Learning Bagi Guru IPA SMP. Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2). pp. 74-81. ISSN ISSN: 2798-9453 (Online), ISSN: 2807-2251 (Print)

[img]
Preview
Text
23504-57193-1-PB.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran di mana siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan melalui suatu proyek dalam jangka waktu tertentu, untuk menyelidiki dan menanggapi pertanyaan kompleks. Pada model ini, pembelajaran dirancang berdasarkan masalah kehidupan nyata dan bersifat ill-structured, sehingga siswa menjadi terdorong lebih aktif dalam belajar dan kreativitas siswa menjadi berkembang. Akan tetapi faktanya kemampuan guru dalam menerapkan model ini relatif rendah. Untuk itu perlu dilakukan pelatihan penyusunan LKS berbasis model PjBL. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman guru IPA tentang model PjBL, dan keterampilan guru IPA dalam menyusun LKS berbasis PjBL. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pendampingan. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung G FKIP Universitas Lampung. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan. Model evaluasi program yang digunakan adalah model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Berdasarkan hasil evaluasi, dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru tentang model PjBL, hal ini terlihat dari peningkatan nilai postes dibandingkan nilai pretes dengan n-gain rata-rata sebesar 0,88 (kategori tinggi); dan meningkatnya keterampilan guru dalam menyusun LKS berbasis model PjBL

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: Dr., M.Si. Noor Fadiawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:12
Last Modified: 21 Jul 2022 01:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/43524

Actions (login required)

View Item View Item