Riyanto, Agus and Junaidi, Junaidi and Iqbal Firdaus, I.F and Simon, Sembiring (2021) Peningkatan peran rumah belajar garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di masa pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Transformasi, 17 (2). pp. 233-244. ISSN p-ISSN 1858-3571 | e-ISSN 2580-9628

[img]
Preview
Text
2021_Agus R dkk.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transfo...

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia mempengaruhi proses pembelajaran anak sekolah, khususnya di Indonesia. Mereka diharuskan belajar dari rumah secara daring sehingga memerlukan pendampingan dari orang tua. Orang tua dari anak-anak dengan berbagai latar belakang pendidikannya belum optimal dalam melakukan pendampingan belajar ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan peran Rumah Belajar Garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di lingkungan RT 04 Jalan Kramat Jaya, Desa Hajimena, Natar, Lampung Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, tim pengabdian bersama pengelola rumah belajar membuat perangkat media pembelajaran berupa modul dan video yang disebut dengan Garasi kids serta pemberian edukasi kepada warga selaku orang tua. Tim pengabdian juga membuat program pendukung lainnya seperti kegiatan mewarnai dan membuat mozaik untuk anak serta menghadirkan mobil pintar di Rumah Belajar Garasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua pendekatan yaitu edukasi terhadap orang tua dan pendampingan anak mereka dalam proses belajar. Edukasi kepada orang tua ditujukan agar mereka memiliki kemampuan untuk membimbing anak-anaknya saat belajar di rumah. Sementara pendampingan kepada anak ditujukan agar mereka lebih mudah untuk memahami materi pelajaran khususnya bernalar matematika. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan Garasi kids pada Rumah Belajar Garasi yang disertai keaktifan, semangat belajar, anak dan juga dukungan orang tua mampu meningkatkan kemampuan bernalar matematika anak-anak secara signifikan. Meskipun terdapat sebagian kecil anak-anak berada pada predikat cukup baik dalam menyerap matematika, namun mereka memiliki keunggulan di bidang seni dan kemampuan bekerja sama dengan teman-temannya. Minat baca anak-anak juga tumbuh dengan kehadiran mobil pintar di Rumah Belajar Garasi. Dengan demikian, optimalisasi Rumah Belajar Garasi melalui Garasi kids dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran anak di rumah pada masa pendemi.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Fisika
Depositing User: Dr. JUNAIDI
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:02
Last Modified: 22 Jun 2022 07:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42698

Actions (login required)

View Item View Item