Hasnunidah, Neni and Wiono, Wisnu Juli and Rakhmawati, Ismi (2021) Model Pembelajaran ADI Online untuk Meningkatkan Kualitas Argumentasi Mahasiswa dan Pemahaman Konsep Organ Tumbuhan. In: Seminar Nasional Pendidikan Biologi VI 2021, 6 November 2021, Universitas Muhammadiyah Malang. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
Bukti Neni_Abstrak Semnas UMM 2021.pdf

Download (513kB)
Official URL: https://biology.umm.ac.id/id/pages/informasi-semin...

Abstract

Model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) yang selama ini digunakan dapat melibatkan mahasiswa secara maksimal untuk merancang dan melaksanakan penyelidikan, berargumentasi, menulis, dan mereviu Namun, kebijakan Kemendikbud Ristek dalam menghadapi situasi penyebaran COVID-19 adalah social distancing, sehingga pembelajaran harus dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran ADI yang berlangsung secara online dalam konsep organ tumbuhan sebagai cara untuk menemukan alternatif dalam menerapkan model pembelajaran untuk mata kuliah struktur dan perkembangan tumbuhan. Penerapan model ADI online bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berargumentasi dan pemahaman konsep organ tumbuhan. Model diimplementasikan dengan menggunakan desain one group pretest posttest design, melibatkan 62 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung. Data keterampilan argumentasi diobservasi selama diskusi argumentatif, sedangkan data pemahaman konsep dikumpulkan dengan menggunakan tes. Model keefektifan direferensikan dari peningkatan kualitas argumentasi oral (lisan) mahasiswa pada aspek konseptual dan epistemik dan gain score yang dinormalisasi. Hasil belajar menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan argumentasi mahasiswa dan pemahaman konsep organ tumbuhan. Kata kunci: Argument-Drivent Inquiry, Covid-19, organ tumbuhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:05
Last Modified: 14 Mar 2022 01:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/40164

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item