Hidayatullah, Riyan (2015) RELEVANSI KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA DENGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN SENI. Prosiding Seminar Internasional Forum AP2SENI 2015. pp. 255-264. ISSN 2443 1443

[img] Text
Buat prosiding ato jurnal.docx

Download (135kB)

Abstract

Abstrak Dunia seni dan pendidikan seni merupakan dua hal yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda. Ranah seni hanya berorientasi kepada penciptaan (karya) tanpa mementingkan aspek didaktis di dalamnya, sedangkan ranah pendidikan seni hampir mencakup seluruh aspek, mulai dari penciptaan, pemahaman teori dan praktis, sampai kepada kemampuan akademis lain seperti menulis karya ilmiah. Dalam penulisan karya tulis ilmiah, kita (mahasiswa pendidikan seni) hampir memiliki permasalahan yang sama, baik itu menulis tugas harian berupa makalah, maupun tugas akhir berupa skripsi. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan menulis ini, mulai dari kompetensi pengajar, malas, sistem pendidikan, sampai kepada porsi sebaran mata kuliah yang menawarkan penulisan karya ilmiah. Seorang mahasiswa pendidikan seni memang dididik untuk menjadi seorang guru atau pengajar, tetapi pada prosesnya ternyata banyak sekali kegiatan dan tuntutan akademis yang harus dilalui. Sehingga menyebabkan kurangnya porsi waktu untuk belajar menulis karya ilmiah. Kata kunci: Karya tulis ilmiah, Pendidikan seni

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: Riyan Hidayatullah
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:47
Last Modified: 04 Sep 2017 01:47
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3831

Actions (login required)

View Item View Item