RAPANI, RAPANI and Hartanti, Mita Nur (2021) Hubungan Pendampingan OrangTua dalam Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V. DIDAKTIKA TAUHIDIJURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8 (2). pp. 105-114. ISSN 2550-0252
|
Text
2.4126+(105-114).pdf Download (287kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Belum optimalnya kegiatan pendampingan orang tuaselama pembelajaran daring serta rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN Se-gugus Budi Utomo melatari pelaksanaan kegiatan penelitian ini. Berdasar hal tersebut, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi hubungan pendampingan orang tuapada praktik pengajaran daring dengan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN wilayah Gugus Budi Utomo. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post factokorelasidigunakan dalam penelitian ini. Populasimelibatkan 78 siswa yang juga menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan datamenggunakanstudi dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuesioner. Adapun korelasi product momentdigunakan dalam proses analisis data. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang positif dengan nilaikoefisienkorelasi 0,415 yang berada pada taraf cukup kuatdengan kontribusi sebesar 17,22%. Temuan penelitian tersebut menunjukan bahwa aktivitas pendampingan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar tematik peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | RAPANI |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 09:08 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 09:08 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36197 |
Actions (login required)
View Item |