Wiono, Wisnu Juli and Sikumbang, Darlen and Yolida, Berti and Priadi, Median. A (2021) PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU IPA DI LAMPUNG TIMUR MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT KEMAMPUAN METAKOGNITIF BERBANTUKAN MEDIA ICT. LPPM Universitas Lampung. (Unpublished)
|
Text
Laporan PkM 2021_Wisnu dkk-compressed.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan pada abad 21 diarahkan untuk menyiapkan generasi pembelajar, pemecah masalah dan memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran di kelas dirancang untuk memfasilitasi peserta didik dalam mencapai tujuan tersebut dengan memberikan latihan-latihan yang berorientasi pada kemampuan metakognitif. Pemanfaatan teknologiinformasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Kemampuan menyusun instrumen tes yang berorientasi pada pemikiran tingkat tinggi dan penguasaan literasi teknologi merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh guru, terlebih pada saat pandemi covid-19. Kenyataannya, Guru IPA SMP di Lampung Timur umumnya menggunakan instrumen tes dari buku cetak dan sangat mengandalkan layanan pesan singkat (SMS) atau Whatsapp dalam menyelenggarakan pembelajaran. Kegiatan ini diawali dengan Hakikat Penilaian, Manfaat Penggunaan TIK dalam Pembelajaran, dan Penyusunan Instrumen Tes Berorientasi kemampuan metakognisi. Selanjutnya, diadakan lokakarya penyusunan instrumen Instrumen Tes Berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Akhir kegiatan, peserta diminta untuk memaparkan hasil kerja di depan kelas guna mendapat kritikan dan masukan baik dari peserta maupun dosen. evaluasi kegiatan pelatihan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stuffleabem. Kata kunci: Metakognisi, TIK, Asesmen.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | BERTI YOLI Berti Yolida |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 08:53 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 08:53 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36185 |
Actions (login required)
View Item |