Dwita Oktaria, DO and Mayasari, Diana and Liana, Sidharti and Risal, Wintoko (2021) PENINGKATAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR KARTIKA II-5 DAN AZ-ZAHRA BANDAR LAMPUNG. DIPA FAKULTAS KEDOKTERAN 2021. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Pengabdian Signed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menyebar ke lebih dari 200 negara dengan jumlah kasus terkonfirmasi lebih dari 114 juta kasus dan jumlah kematian lebih dari 2 juta kasus di seluruh dunia. Menurut data Satgas COVID-19, 8,87% dari kasus COVID-19 di Indonesia terjadi pada anak usia sekolah. Dari seluruh rentang usia, tercatat anak usia SD menyumbang angka kasus COVID-19 terbanyak, yaitu 29,8% kasus. Terdapat wacana untuk memulai kembali pertemuan tatap muka di sekolah pada bulan Juli 2021. Anak usia SD, rentan tertular infeksi COVID-19 karena imunitas yang belum terbentuk dengan baik dan belum memiliki kesadaran pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Informasi yang beredar mengenai edukasi pencegahan COVID-19 lebih banyak ditujukan untuk masyarakat usia dewasa. Anak usia SD perlu mendapat informasi dengan bahasa yang mudah dipahami sesuai dengan tingkatan umurnya agar memiliki kesadaran untuk melakukan upaya pencegahan penularan penyakit ini. SD Kartika II-5 dan SD Az-Zahra merupakan sekolah dasar favorit yang memiliki jumlah siswa cukup banyak. Jika rencana wacana tatap muka akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021, diperlukan persiapan protokol kesehatan tidak hanya dari pihak sekolah, namun juga dari pihak siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan peningkatan pengetahuan terhadap pencegahan penyakit COVID-19 pada siswa SD Kartika II-5 dan Az-Zahra Bandar Lampung. Kata kunci: anak usia sekolah, edukasi, pencegahan COVID-19

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Laporan Pengabdian LPPM
Depositing User: DWITA OKTA
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:54
Last Modified: 11 Nov 2021 04:54
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35912

Actions (login required)

View Item View Item