Chrisnawati, Lili Pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains dasar dengan metode pembelajaran eksperimen. In: Seminar Pendidikan Biologi VI.
|
Text
Buku Abstrak SEMBIO VI.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran sains di tingkat sekolah dasar haruslah menekankan pada pengalaman belajar yang mampu melatih keterampilan proses sains dasar siswa. Guru sebagai fasilitator dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran sains yang dapat melatih keterampilan tersebut. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru untuk membuat Lembar kerja siswa (LKS) yang dapat menstimulasi keterampilan proses sains dasar siswa dengan metode pembelajaran Eksperimen. Peserta pengabdian adalah guru sekolah dasar al-Karim lampung. Berdasarkan hasil observasi awal melalui pretes diketahui bahwa pengetahuan awal guru-guru terhadap keterampilan proses sains dan pembelajaran eksperimen di tingkat sekolah dasar masih rendah. Sebanyak 46,15% peserta menjawab dengan ketepatan ≤ 50%. Pretes dilakukan melaui platform Quizizz yang bertujuan mendorong guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Pelatihan diawali dengan pemberian materi tentang pentingnya melatih keterampilan proses sains siswa dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan LKS Berbasis keterampilan proses sains dasar pada metode pembelajaran eksperimen. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa peserta termotivasi untuk menciptakan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains siswa. Keyword : LKS, Keterampilan proses sains dasar, metode ekperimen, sains SD
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Lili Chrisnawati |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 05:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 05:37 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35243 |
Actions (login required)
View Item |