., Mardiana and Muhammad, Meizano Ardhi and Sulistiono, Wahyu Eko and Djausal, Gita Paramita Similarity - AUGMENTED REALITY PELACAK LOKASI PUSTAKA DENGAN AR. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Similarity - AUGMENTED_REALITY_PELACAK_LOKASI_PUSTAKA_DENGAN_AR (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak Teknologi AugmentedReality (AR) saat ini banyak digunakan untuk penyebaran informasi dan bahkan untuk transaksi pada pelayanan yang bersifat publik.Teknologi ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, bersamaan dengan dikenalnya teknologi Virtual Reality (VR) yang banyak digunakan pada permainan (game). Pengunjung Perpustakaan, terutama di Universitas, sebagian besar merupakan masyarakat dengan kategori generasi digital native. Untuk menemukan lokasi buku, waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung perpustakaan biasanya relatif lama dan sangat tergantung dari pengalaman kunjungan atau frekuensi pencarian yang dilakukan. Pengunjung perpustakaan memerlukan aplikasi yang memudahkan mereka melacak dan menemukan lokasi koleksi pustaka yang dicari, dengan menggunakan ponsel cerdas mereka. Sistem otomasi perpustakaan yang ada membantu menyediakan informasi lokasi pustaka yang harus direlasikan sendiri oleh pengunjung perpustakaan terhadap tempat di gedung perpustakaan. AR memungkinkan informasi tersebut disematkan di dunia nyata, sehingga memudahkan pencarian pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak layanan perpustakaan yang dapat membantu pengunjung menemukan lokasi buku dengan memanfaatkan teknologi AR dan berbasis AR Marker. Ruang lingkup pengembangan aplikasi ini menggunakan metode rekayasa perangkat lunak RAD. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode template matching dan algoritma A* untuk pathfinding. Skema layanan data pada alikasi terdiri dari empat bagian, yaitu OPAC (Online Public Access Catalog), deteksi lokasi, pathfinding dan navigasi. Lokasi yang dipetakan adalah gedung Perpustakaan Universitas Lampung yang terdiri dari 3 lantai. Hasil dari penelitian ini berupa realisasi perangkat lunak menggunakan teknologi AR yang dapat memvisualisasikan arah menuju lokasi pustaka. Pengujian aplikasi dilakukan dengan skenario (a) pencarian Pustaka dengan OPAC, (b) mendeteksi lokasi (AR), (c) komputasi Pathfinding, (d) menampilkan marker, dan seluruhnya memperoleh hasil yang sesuai dengan requirement. Waktu komputasi pada perangkat AR diukur terhadap proses algoritma A*, generasi marker, dan total keseluruhan. Total waktu komputasi yang diperlukan adalah rata-rata 37,379 ms, modus 44 ms, dan median 38 ms. Secara keseluruhan waktu komputasi berada di bawah nilai batas TTI 50 ms. Hasil survei menunjukkan lebih dari 70% pengunjung perpustakaan memiliki User Experience (UX) yang Baik dan Sangat Baik. Kata Kunci : AugmentedReality, Pelacak Lokasi,Navigasi, Perpustakaan, AR Marker, Template Matching

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: MARDIANA
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:21
Last Modified: 05 Dec 2022 04:28
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/34231

Actions (login required)

View Item View Item