Wahyu, Muhammad Nur and Sutiarso, Sugeng and Bharata, Haninda (2020) PEMBELAJARAN SOFT SKILL KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). pp. 406-413. ISSN 2579-9258

[img]
Preview
Text
JURNAL_15 Sugeng Sutiarso.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/...

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran soft skills komunikasi dengan pembelajaran biasa. Penelitian yang digunakan yakni penelitian Eksperimen. Desain Penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK yang berkemampuan sedang yang berada di lampung tengah, sedangkan sampelnya dipilih kelas XI yang berjumlah 50 orang dari satu SMK di lampung tengah yang berkemampuan sedang. Instrumen pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian untuk tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 20 didapat hasil sebagai berikut pencapaian dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran soft skill komunikasi lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SUGENG SUTIARSO
Date Deposited: 09 Jun 2021 08:23
Last Modified: 09 Jun 2021 08:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32397

Actions (login required)

View Item View Item