Wahyu, Muhammad Nur and Sutiarso, Sugeng and Bharata, Haninda (2020) PEMBELAJARAN SOFT SKILL KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). pp. 406-413. ISSN 2579-9258
|
Text
JURNAL_15 Sugeng Sutiarso.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran soft skills komunikasi dengan pembelajaran biasa. Penelitian yang digunakan yakni penelitian Eksperimen. Desain Penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK yang berkemampuan sedang yang berada di lampung tengah, sedangkan sampelnya dipilih kelas XI yang berjumlah 50 orang dari satu SMK di lampung tengah yang berkemampuan sedang. Instrumen pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian untuk tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 20 didapat hasil sebagai berikut pencapaian dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran soft skill komunikasi lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SUGENG SUTIARSO |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 08:23 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 08:23 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32397 |
Actions (login required)
View Item |