Juli Wiono, Wisnu and Pramudiyanti, Pramudiyanti and Meriza, Nadya Analisis Kualitas Pertanyaan Mahasiswa Calon Guru Rumpun Ilmu Pengetahuan Alam Ditinjau dari Pengalaman Belajar Quality Analysis of Student Questions for Prospective of Natural Sciences Teachers Reviewed from Learning Experience. Bioedusiana. ISSN 2684-7604 (Submitted)
Text
2318-6787-2-RV cek 2021.docx Download (395kB) |
Abstract
Kualitas pertanyaan dapat menggambarkan perkembangan tingkat berpikir seseorang. Kegiatan menanya juga merupakan indikasi bahwa seorang peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan profil kualitas pertanyaan mahasiswa rumpun ilmu pengetahuan alam ditinjau dari pengalaman belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena bertujuan untuk menggambarkan profil subyek penelitian. Instrumen penelitian berupa angket pengalaman belajar dan matriks pertanyaan. Angket pengalaman belajar digunakan untuk mengungkap gambaran pengalaman belajar mahasiswa selama perkuliahan. Sedangkan, matriks pertanyaan digunakan untuk mengukur tingkat berpikir pada setiap pertanyaan yang dibuat oleh mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang telah mengikuti perkuliahan Biologi Dasar. Analisis data menggunakan regresi sederhana menunjukkan bahwa pengalaman belajar mahasiswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pertanyaan mahasiswa. Masing-masing program studi memiliki skor t hitung sebesar 0,120 (Pendidikan kimia); 1,341 (Pendidikan fisika); dan 0,578 (Pendidikan biologi). Seluruh skor t hitung bernilai lebih kecil daripada t tabel. Kondisi ini diduga kuat karena fase kegiatan inti pada proses perkuliahan tidak berjalan dengan baik. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa fase kegiatan inti memiliki skor terendah 67,33 yang bermakna cukup. Kata kunci: Kualitas pertanyaan; Pengalaman belajar; Ilmu pengetahuan alam. Abstract The quality of the question can describe the development of a person's thinking level. The questioning activity is also an indication that a student is actively involved in the learning process. The purpose of this study was to describe the quality profile of the students' questions from a natural science family in terms of their learning experience. This study uses a descriptive method because it aims to describe the profile of research subjects. The research instrument was a learning experience questionnaire and a question matrix. Learning experience questionnaires are used to reveal a picture of student learning experiences during lectures. Meanwhile, the question matrix is used to measure the level of thinking on each question made by students. The population of this study were all students in the Mathematics and Natural Sciences Education Department who had attended Basic Biology courses. Data analysis using simple regression shows that student learning experience does not significantly influence the quality of student questions. Each study program has a t score of 0.120 (chemistry education); 1,341 (Physics education); and 0.578 (Biology education). The entire t score is less than the t table. This condition is strongly suspected because the core activity phase of the lecture process did not go well. Based on the data analysis, it was found that the core activity phase had the lowest score of 67.33 which was significant. Keywords: Quality questions; Learning experience; Natural Science.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nadya Meriza |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 01:37 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 01:37 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31987 |
Actions (login required)
View Item |