Sutiarso, Sugeng (2020) Meta-Analisis Pengaruh Alqurun Teaching Model Terhadap Kemampuan Matematis. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 462-478. ISSN 2547-6719

[img]
Preview
Text
HISTOGRAM sept 2020.pdf

Download (284kB) | Preview
Official URL: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php...

Abstract

Alqurun Teaching Model (ATM) adalah model pembelajaran baru yang telah diimplementasikan pada beberapa sekolah (SMP dan SMA). Untuk meyakinkan bahwa ATM ini memiliki pengaruh terhadap kemampuan matematis maka dilakukan meta-analisis dengan menghitung effect sizenya. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis effect size ATM terhadap kemampuan matematis siswa. Subjek penelitian adalah 16 penelitian mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Lampung. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap 979 siswa. Data dianalisis secara deskriptif melalui 3 tahapan simultan, yaitu (1)identifikasi/pengkodean data, (2) menghitung effect size, dan (3) menginterpretasikan effect size menurut kriteria tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan effect size ATM terhadap kemampuan matematis siswa sebesar 1,00 (tinggi) bila dibandingkan dengan model problem based learning sebesar 0,63 (sedang), model discovery learning sebesar 0,76 (sedang), dan model project based learning sebesar 0,63 (sedang), (2) secara kategori: (i) ATM diprediksi lebih baik diimplementasikan pada jenjang SMA daripada SMP, (ii) ATM diprediksi lebih baik menggunakan media LKPD dibandingkan media bahan ajar dan PPT, dan (iii) ATM diprediksi memberikan hasil belajar yang lebih tinggi pada pemahaman konsep dibandingkan dengan komunikasi, representasi, dan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka disimpulkan bahwa ATM dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran matematika pada kurikulum 2013.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SUGENG SUTIARSO
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:33
Last Modified: 04 Jun 2021 01:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31907

Actions (login required)

View Item View Item