Vianti, Okta and Kagungan, dian and Yulianti, Devi STRATEGI MEDIA BRANDING PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN PESISIR BARAT SEBAGAI DESTINASI WISATA INTERNASIONAL. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik. ISSN 2714-7673
|
Text
Strategi Media Branding Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Sebagai Destinasi Wisata Internasional.pdf Download (632kB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang terjadi pada masyarakat modern yakni mulai meningkatnya kegiatan wisata sehingga harus ada suatu strategi yang sesuai perkembangan zaman dan dapat dijadikan sebagai pengelolaan dan pengembangan potensi pariwisata dengan memanfaatkan media digital sebagai media branding yang merupakan bagian dari sebuah komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi media branding dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata internasional, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi media branding dalam pengembangan sektor pariwisata, serta dampak adanya pandemi covid-19 pada sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi media branding pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata internasional yakni penetapan tujuan tahunan implementasinya masih minim karena belum terarah dengan baik begitupun dengan pemanfaatan media yang kurang massif dalam upaya mem-branding pariwisata; perumusan kebijakan yakni adanya surat keputusan tentang pembagian desa wisata; memotivasi pekerja dengan upaya-upaya yang telah dilakukan seperti saling menyemangati, koordinasi, serta evaluasi dalam rapat atau ajakan secara pribadi; kurangnya alokasi SDM yang mumpuni di bidang IT. Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam media branding tersebut yakni adanya peran masyarakat yang secara tidak langsung ikut serta dalam mem-branding potensi wisata yang ada juga terbatasnya SDM secara kualitas dan kuantitas serta kurangnya peran pemerintah. Kemudian dampak pandemi covid-19 mengakibatkan adanya penurunan jumlah wisatawan serta batalnya event-event yang telah di persiapkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara |
Depositing User: | DEVI YULIA |
Date Deposited: | 30 May 2021 15:30 |
Last Modified: | 30 May 2021 15:30 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31357 |
Actions (login required)
View Item |