Pramudiyanti, Pramudiyanti (2021) Mengukur Keterampilan Diskusi Tertulis di Media Sosial (Whatsapp) Menggunakan Rubrik Penilaian Diskusi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 09 (01). pp. 1-11. ISSN 2621-5594

[img] Text
22032 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
Mengukur Keterampilan Diskusi Tertulis di Media Sosial (Whatsapp) menggunakan Rubrik Penilaian Diskusi.pdf

Download (499kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/index

Abstract

Abstrak: Mengukur Keterampilan Diskusi Tertulis Menggunakan Rubrik Penilaian Diskusi Menggunakan Media Sosial Whatsapp. Tujuan penelitian adalah menjelaskan penggunaan rubrik penilaian keterampilan diskusi tertulis pada media sosial Whatsapp. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kajian pustaka dan survei. Responden terdiri dari staf pengajar program Studi Pendidikan Biologi. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan aplikasi google search. Hasil yang diperoleh yakni terdapat 18 literatur mengenai diskusi sebagai metode pembelajaran dan sebagai keterampilan, terdapat 4 artikel yang mengemukakan mengenai rubrik penilaian diskusi tatap muka. Penggunaan rubrik diskusi tertulis yakni 1) memberikan kemudahan kepada pengajar memberikan penilaian aktivitas belajar mahasiswa; 2) memberikan arah bagi pengajar untuk melatih keterampilan diskusi tertulis bagi mahasiswa; dan 3) memberikan gambaran keterampilan diskusi yang dimiliki oleh mahasiswa. Kata kunci: keterampilan diskusi tertulis, written discussion, whatsapp, rubrik penilaian diskusi tertulis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: PRAMUDIYAN Pramudiyanti
Date Deposited: 27 May 2021 02:34
Last Modified: 27 May 2021 02:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30810

Actions (login required)

View Item View Item