Farida Ariyani, Farida and Hidayatullah, Riyan (2021) Metode Pembelajaran Pisaan Lampung: Pendekatan Musikal. Quantum, Yogyakarta. ISBN 978-602-5908-39-2

[img]
Preview
Text
Cover dan Isi - METODE PEMBELAJARAN PISAAN LAMPUNG_revisi 03 mei (1).pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
Official URL: https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?se...

Abstract

Sastra lisan bagi masyarakat adat Lampung merupakan bagian penting sebagai simbol budaya. Oleh karena itu,keberadaannya perlu dilestarikan dengan pelbagai upaya, termasuk melalui pendidikan. Di tengah kemajuan teknologi dan perubahan iklim sosial yang semakin bebas, keberadaan sastra seperti menunggu‘bom waktu’ karena tergerus oleh budaya global. Pisaan sebagai salah satu bentuk sastra lisan Lampung semakin jarang ditemui karena kurangnya upaya-upaya pelestarian, fungsi media media,serta kemampuan untuk mengajarkan mewariskannya melalui pengajaran yang baik. Di lingkungan sekolah para guru perlu untuk mempelajari Pisaan dan mengetahui metodologi pengajarannya. Tujuannya agar mereka menjadi agen pendidikan dalam mempertahankan tradisi lisan Lampung. Kenyataannya tidak banyak guru-guru yang menguasai sastra lisan (termasuk Pisaan). Kalaupun ada yang mampu melantunkan, tetapi umumnya tidak banyak yang bisa menularkan kemampuannya. Jika kondisi ini dibiarkan, maka keberadaan Pisaan dan sastra lisan Lampung akan mengalami kepunahan. Pada konteks itulah mengapa buku ajar ini hadir untuk menjawab persoalan-persoalan di atas. Penulis 1 buku ini adalah dosen sekaligus Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Lampung di lingkungan FKIP Universitas Lampung. Bidang keahlian yang dikuasai meliputi kajian linguistik, budaya, dan sastra daerah. Penulis 2 adalah seorang dosen pendidikan musik di lingkungan FKIP Universitas Lampung. Keduanya aktif meneliti budaya Lampung dengan kesadaran bahwa kajian budaya dapat direfleksikan dalam berbagai ilmu terapan, termasuk sastra lisan. Melalui perpaduan kedua disiplin ilmu-linguistik dan musikdiharapkan mampu memperkaya kajian sastra lisan Lampung, khususnya pada bidang metode pembelajaran Pisaan. Penulis berharap buku ini dapat dikonsumsi oleh banyak kalangan pembaca. Buku ini disusun untuk para guru dan calon guru yang pengajarannya berkaitan dengan sastra lisan, khususnya Pisaan. Buku ini memberikan pengalaman belajar Pisaan secara musikal. Di dalam Pisaan terdapat melodi yang merupakan unsur penting dalam musik. Melalui pendekatan belajar secara musikal, Pisaan tidak hanya dipelajari secara teks. Tetapi juga dipelajari dari aspek musikal yang melengkapi estetika penyajiannya. Materi dalam buku ini berasal dari data-data penelitian awal yang dilakukan pada tahun 2017-2018. Data berupa rekaman yang didapat dari para pelantun Pisaan perempuan yang berasal dari etnis Pepadun. Melalui data tersebut penulis melakukan penelitian dan mulai mengembangkan metode musikal untuk pembelajaran Pisaan. Selain itu, data didapat berdasarkan buku dan pengalaman penulis 1 yang juga merupakan seorang budayawan Lampung. Istilah dan tata bahasa yang digunakan dalam buku lebih banyak menggunakan istilah-istilah musik. Penulis berusaha menyederhanakannya agar mudah dipahami. Untuk pembaca yang belum terlalu akrab dengan istilah-istilah di dalamnya akan disedikan keterangan. Buku ini terdiri dari lima bab, diantaranya: (1) sastra lisan Lampung; (2) model pembelajaran Pisaan; (3) menentukan teks dan notasi; (4) tonalitas; dan (5) latihan Pisaan. Materimateri yang disusun dalam bab-bab tersebut mengulas tentang pendekatan musik untuk menganalisis dan mengajarkan Pisaan. Pada akhirnya penulis menyadari bahwa buku ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena penulis terbuka untuk menerima kritik dan saran untuk menyempurnakan materi yang ada di dalamnya. Semoga buku ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi para pembacanya. Selain itu menjadi catatan amal bagi penulis dan tercatat sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Depositing User: Riyan Hidayatullah
Date Deposited: 06 May 2021 01:05
Last Modified: 06 May 2021 01:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30016

Actions (login required)

View Item View Item