Eka Sofia Agustina, Eka Sofia and Aryanti, Nina Yudha (2017) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG BERBASIS KEKONTEKSAN WILAYAH. In: Kegiatan Ilmiah Tingkat Nasional (Kearifan Lokal dalam Dinamika Masyarakat Multikultural), 2 Desember2017, Bandarlampung.

[img]
Preview
Image
Artikel Kekonteksan Wilayah Bu Eka Prosiding 2017.jpeg

Download (661kB) | Preview

Abstract

Siswa multijenjang di Lampung harus menguasai bahasa dari dua budaya Lampung (dialek Saibatin dan Pepadun/ dialek A dan dialek O). Kebijakan ini memberikan masalah yaitu belum maksimalnya pencapaian tujuan pembelajasan bahasa Lampung sebagai bahasa ibu untuk menghasilkan para siswa yang mampu berbahasa Lampung baik aktif maupun pasif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merumuskan pola pembelajaran bahasa Lampung yang berbasis pada konteks wilayah tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data lapang yang diolah melalui tahapan reduksi data penyajian dan penarikan simpulan/ verifikasi. Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Waykanan dengan hasil yaitu ditemukannya pola pembelajaran bahasa Lampung yang terfokus pada penggunaan materi ajar yang sesuai dengan budaya yang berkembang dalam masing-masing wilayah adat. Pola pembelajaran ini berbeda dengan pola sebelumnya yang mengharuskan siswa multijenjang untuk memelajari bahasa dari dua budaya Lampung. Pola pembelajaran ini memberikan dampak positif bagi peningkatan penguasaan siswa terhadap bahasa Lampung. Selain itu, dengan pola pembelajaran ini siswa juga dapat mempelajari adat istiadat yang ada di wilayah tempat tinggalnya. Kata Kunci: pola pembelajaran, bahasa Lampung, kekonteksan wilayah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: EKA SOFIA
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:07
Last Modified: 18 Jan 2021 07:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item