Pujiati, P (2015) PENDEKATAN SAINTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. In: KONASPIPSI III Tantangan IPS/IIS Dalam Dinamika Sosial Budaya, 11-12 Agustus 2015, FIPS UPI.
This is the latest version of this item.
Text
konaspi-pujiati 2015.pdf ok.pdf Download (2MB) |
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang pendekatan saintific dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Pendekatan saintific merupakan salah satu bentuk inovasi baru dalam pembelajaran yang menjadikan langkah-langkah berpikir ilmiah sebagai ruh dalam sebuah pencapaian tujuan pembelajaran. IPS sebagai satu mata pelajaran sarat dengan muatan yang menuntut seseorang berpikir ilmiah. Penerapan pendekatan ini menjadi sebuah kebutuhan mengingat IPS tidak pernah lepas dari kajian manusia dalam konteks sosialnya yang senantiasa berkembang dan membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan saintific dalam pembelajaran IPS meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membentuk jejaring. Melalui pendekatan saintific, kemampuan berpikir kritis seseorang dapat dioptimalkan, karena langkah-langkah dalam pendekatan saintific identik dengan pengembangan proses berpikir kritis. Kata kunci: pendekatan Saintific, pembelajaran IPS, keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Depositing User: | PUJIATI P |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 01:21 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 01:21 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27112 |
Available Versions of this Item
-
PENDEKATAN SAINTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. (deposited 15 Dec 2020 06:21)
- PENDEKATAN SAINTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. (deposited 16 Dec 2020 01:21) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |