Pujiati, P (2015) PENDEKATAN SAINTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. In: Seminar Nasional Pendidikan IPS, PIPS SPS UPI.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
konaspi-pujiati 2015.pdf ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang pendekatan saintific dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Pendekatan saintific merupakan salah satu bentuk inovasi baru dalam pembelajaran yang menjadikan langkah-langkah berpikir ilmiah sebagai ruh dalam sebuah pencapaian tujuan pembelajaran. IPS sebagai satu mata pelajaran sarat dengan muatan yang menuntut seseorang berpikir ilmiah. Penerapan pendekatan ini menjadi sebuah kebutuhan mengingat IPS tidak pernah lepas dari kajian manusia dalam konteks sosialnya yang senantiasa berkembang dan membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan saintific dalam pembelajaran IPS meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membentuk jejaring. Melalui pendekatan saintific, kemampuan berpikir kritis seseorang dapat dioptimalkan, karena langkah-langkah dalam pendekatan saintific identik dengan pengembangan proses berpikir kritis. Kata kunci: pendekatan Saintific, pembelajaran IPS, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:21
Last Modified: 15 Dec 2020 06:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26989

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item