Hidayati, Sri and Sugiharto, R. and Zuidar, Ahmad Sapta (2019) similarity:Karakteristik Pulp Hasil Pemutihan Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit Hasil Pemasakan Yang Menggunakan Limbah Lindi Hitam Siklus Ketiga. Centra Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (PPI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung, Journal of Tropical Upland Resources (J. Trop. Upland Res.).

[img]
Preview
Text
Turnitin 14. Karakteristik Pulp Hasil Pemutihan Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit Hasil Pemasakan Yang Menggunakan Limbah Lindi Hitam Siklus Ketiga.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jtur.lppm.unila.ac.id/jtur/article/view/12

Abstract

tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) merupakan limbah agroindustri yang mengandung selulosa sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pulp. Proses pembuatan pulp dari TKKS secara formacell menghasilkan pulp dengan warna yang masih gelap sehingga memerlukan proses bleaching atau pemutihan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lama waktu pemutihan dengan menggunakan H2O2 dengan konsentrasi 35% dalam media asam asetat terhadap karakteristik pulp dari TKKS yang dimasak menggunakan proses formacell. Lama waktu pemutihan yang digunakan adalah 0,5, 1, 1,5, 2 dan 2,5 jam dengan menggunakan suhu pemasakan 80oC. Penelitian diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang terbaik terjadi pada lama pemutihan selama 2 jam yang menghasilkan rendemen sebesar 79,6%, selulosa 51,08%, bilangan permanganat 6,8 dan skor terhadap warna adalah 4,5 (putih).

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: sri hidaya sri hidayati -
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:40
Last Modified: 03 Dec 2020 04:40
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item