Deny Budiyanto, Deny Budiyanto and Resty, Annisa and Mulyani, Yessi (2020) Peningkatan Profesionalitas Guru Dengan Pelatihan Pembuatan Konten Video Pembelajaran. SENDIMAS, 5 (1). pp. 346-350. ISSN 2541-3805 (In Press)

[img]
Preview
Text
Resty Annisa_Publikasi PKM_Sendimas.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lppm.uajy.ac.id/sendimas2020/

Abstract

-Seiring kemajuan teknologi dimana saat ini telah memasuki era 4.0, semua informasi bisa diakses dengan menggunakan perangkat teknologi, Informasi apapun hendaknya bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Insan Pembelajar dapat belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Inilah dimana kita berada pada abad teknologi canggih yang memiliki ciri pembelajaran pada abad ini yang dikenal berbasis digital/daring. Dalam Pengabdian ini memiliki tujuan untuk menerapkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh sivitas akademika, selain itu sejak kebijakan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan mengamanatkan pembelajaran secara daring karena wabah Covid-19, dewasa ini para guru di SMA Al Husna membutuhkan keterampilan dalam menggunakan media konten video sebagai media pembelajaran di sekolah mereka, karena belum cukupnya Kemampuan SDM untuk mengelola dan membuat konten berbasis video pembelajaran. Oleh sebab itu dibuatnya pelatihan membuat konten video pada guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kemampuan dalam mengelola media pembelajaran khususnya dalam membuat sebuah konten video. Berdasarkan hasil laporan pengabdian yang telah dilakukan, Sasaran pengabdian adalah guru-guru di SMA Al Husna dalam bentuk kegiatan pelatihan telah diajarkan materi beserta praktek perancangan konten, pembuatan konten video, pengelolaan konten video pembelajaran, Permasalahan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan guru, adanya respon yang positif dari peserta, dan sebagian besar (75%) peserta telah memahami konsep pengelolaan dan pembuatan video pembelajaran. Target dan Luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan dampak positif pada pembangunan masyarakat khususnya para guru dan peserta didik agar memberikan wawasan pengetahuan tentang karya pengembangan profesi pada guru di SMA Al Husna, Bandar Lampung khususnya mampu menggunakan perangkat teknologi sebagai media pembelajaran daring menggunakan video. Kata Kunci—Pelatihan, Daring, Guru, Pembelajaran, Video

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: M.Kom Resty Annisa
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:56
Last Modified: 10 Apr 2023 00:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item View Item