Simbolon, Fransisco. J and Noer, Sri Hastuti and Gunowibowo, Pentatito (2020) Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 8 (2). pp. 77-88. ISSN 2338-1183

[img]
Preview
Text
Fransisco.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan RBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 362 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 32 siswa dan VIII B sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran RBL lebih tinggi dari peningkatan pemamahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran RBL tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: PENTATITO
Date Deposited: 19 Nov 2020 11:33
Last Modified: 19 Nov 2020 11:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/26225

Actions (login required)

View Item View Item