meikasari, dewi and Rosilawati, Ila and Tania, Lisa (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9 (2). pp. 66-80. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
21005-49852-1-PB.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol dengan perbedaan n-gain yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | LISA TANIA |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 09:01 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 09:01 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24566 |
Actions (login required)
View Item |