wulandari utamining tias, ika and putri, bella dwi and Pratiwi, Dian (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 4 (4). pp. 1315-1325. ISSN 2580-1147

[img]
Preview
Text
553-2061-1-PB.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi index card match terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eskperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 40 orang peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 40 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi index card match terhadap hasil belajar dengan N-Gain 0,56 termasuk dalam kategori “sedang” yang ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians. Kata kunci: hasil belajar tematik, index card match

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd ika wulandari utamining tias
Date Deposited: 05 Nov 2020 01:06
Last Modified: 05 Nov 2020 01:06
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item View Item