Pertiwi, Reva Dwi and Efkar, Tasviri and Sunyono, Sunyono (2019) Efektivitas Pre-Lecture Quiz untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (1). pp. 1-12. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
Jurnal 7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas prelecture quiz untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalen pretest-postest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Efektivitas Pre-Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori “tinggi” dan kelas kontrol sebesar 0,55 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan penelitian ini yaitu PreLecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi asam basa Arrhenius.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: SUNYONO
Date Deposited: 02 Aug 2020 19:39
Last Modified: 02 Aug 2020 19:39
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23477

Actions (login required)

View Item View Item