Nurhanurawati, Nurhanurawati (2017) Indikasi Berpikir Intuitif dalam Pemecahan Masalah Kekonvergenan Barisan. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2017 Tema: “Mengembangkan Kompetensi Strategis dan Berpikir Matematis di Abad 21”, 8 April 2017, Malang.
Text
Indikasi Berpikir Intuitif dalam Pemecahan Masalah.docx Download (27kB) |
Abstract
ABSTRAK: Berpikir intuitif merupakan berpikir yang melibatkan intuisi, yaitu menginterpretasikan ide atau gagasan secara cepat, menggunakan bayangan konsep, bersifat holistik, dengan usaha yang sedikit, didasarkan pada pengalaman sebelumnya. Pada tulisan ini diungkapkan indikasi berpikir intuitif mahasiswa dalam memecahkan masalah kekonvergenan barisan yang akan digunakan untuk penelitian yang lebih luas yaitu meneliti proses berpikir intuitif mahasiswa dalam memecahkan masalah kekonvergenan barisan.. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif berdasarkan observasi terhadap penyelesaian tugas sambil berbicara dan dilanjutkan dengan wawancara yang dilakukan pada empat orang mahasiswa pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung yang telah pernah mengikuti perkuliahan Analisis Real. Indikasi berpikir intuitif ini merupakan perilaku yang ditunjukkan responden dalam memecahkan masalah kekonvergenan barisan didasarkan pada mekanisme intuisi dan karakteristik umum kognisi intuisi yang dikemukakan oleh Fischbein. Kata Kunci: Indikasi, Berpikir Intuitif, Pemecahan Masalah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Matematika |
Depositing User: | Nurhanuraw NURHANURAWATI |
Date Deposited: | 14 Jun 2020 00:19 |
Last Modified: | 14 Jun 2020 00:19 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22383 |
Actions (login required)
View Item |