Marlita, Deta and Yunarti, Tina and Widyastuti, Widyastuti (2019) Deskripsi Percakapan Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1 (2). pp. 70-80. ISSN 2686-2549
|
Text
Deta Marlita.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas VII-2 SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang dipilih secara purposif. Kemudian, dipilih 9 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari tiga siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa (1) Percakapan kritis matematis siswa yang terjadi dalam pembelajaran Socrates saintifik lebih dominan memunculkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yaitu interpretasi dan analisis, (2) Percakapan kritis matematis siswa lebih sering muncul saat guru mengajukan pertanyaan Socrates tipe klarifikasi dan alasan-alasan dan bukti penyelidikan, (3) Percakapan kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu menalar dan mengomunikasikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | TINA YUNAR |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 07:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 07:13 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22191 |
Actions (login required)
View Item |