Nurlida, Nurlida Tri Apria Putri and Marpaung, Rini Rita (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (4). pp. 1-5. ISSN 2621-5594
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Desain yang digunakan yaitu eksperimen dengan Pretes Postes Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIID dan VIIF yang berjumlah 64 orang dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data aktivitas dianalisis secara deskriptif, sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas keseluruhan sebesar 71,4 termasuk kriteria baik. Sedangkan hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas ekperimen sebesar 0,66 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,30. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap aktivitas dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: aktivitas, discovery learning, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | RINI RITA |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 13:54 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 13:54 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21499 |
Actions (login required)
View Item |