Erlina Rufaidah, ER and Kodri, Kodri (2020) Pengembangan Model Pendidikan Tanggap Bencana Berbasis Multikultural. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologidan InovasiPendidikan, 3 (1). pp. 158-167. ISSN 2622-2159
|
Text
11-Pengembangan Model Pendidikan Tanggap Bencana.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan tanggap gempa berbasis multikultural. Metode Penelitian adalah metode Research and Development (R & D) terdiri dari tiga tahap penelitian. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data digunakan angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung dengan buku catatan serta focus group discussion. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah draft model pendidikan tanggap gempa berbasis multikultural dan implementasi model tanggap gempa berbasis multikultural meningkatkan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana. Kata kunci: Pengembangan; Model Pendidikan; Tanggap Bencana; Berbasis Multikultural
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Depositing User: | ERLINA RUF |
Date Deposited: | 29 May 2020 10:19 |
Last Modified: | 29 May 2020 10:19 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21064 |
Actions (login required)
View Item |