Putra, Bima Harian and Wamiliana, Wamiliana and Kurniasari, Dian (2009) PENYELESAIAN PERMAINAN SUDOKU BERBASIS 9X9 MENGGUNAKAN ALGORITMA ELIMINASI DAN TRACKING GUESS KAGE BUNSHIN. In: Seminar Nasional Sains MIPA dan Aplikasinya Tahun 2009, 16-17 November 2009, Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text
Penyelesaian Permainan Sudoku Berbasis 9x9 Menggunakan Algoritma Eliminasi dan Tracking Guess Kage Bunshin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sudoku merupakan teka-teki logika yang menggunakan angka sebagai simbol, memiliki bentuk dan model permasalahan yang cukup menarik untuk dikaji. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam penyelesaian Sudoku adalah menggunakan Teknik Eliminasi dan Teknik Penelusuran Terkaan (Tracking Guess). Teknik penelusuran terkaan yang digunakan adalah metode jejak maju (Forward Tracking) yang biasa digunakan dalam penyelesaian komputasi pararel. Salah satu ide atau konsep yang dapat digunakan untuk melakukan forward tracking tersebut adalah menggunakan konsep dari Kage Bunshin Ninjutshu yang ada dalam cerita fiksi animasi Manga Naruto karangan Masashi Kisimoto. Kata kunci: sudoku, forward tracking, kage bunshin

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: LPPM . Unila
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:15
Last Modified: 20 Jul 2016 04:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item